Selasa, 01 November 2016

Kuliner Favorit Saya di Balikpapan 2

      Tidak disangka,tulisan mengenai kuliner favorit saya di Balikpapan menjadi nomer satu yang paling banyak di klik di blog ini.ternyata ketika saya baca lagi tulisan itu saya buat di tahun 2013 atau tiga tahun yang lalu.kini tiga tahun berselang saya akan menambahkan lagi beberapa referensi makanan lagi selama di Balikpapan yang pastinya sangat enak dinikmati,meskipun harganya cukup menguras kantong bagi sebagian orang.

       sebagai kotanya para pendatang di Balikpapan terdapat berbagai macam kuliner yang dapat dinikmati.mulai dari yang murah sampai yang mahal (tapi menurut saya hampir semuanya mahal sih...apa saya kelamaan tinggal di Jawa ? ),kali ini saya akan sedikit membahas mengenai kuliner yang ada di Balikpapan.pada jilid satu saya sudah membahas mengenai Nasi kuning Haji daud , sate prapatan , Bubur Ayam Nikmat dan juga kepiting kenari ( tulisannya bisa di klik disini ).mari kita bahas !

  • Bakso Lik Min
    Baru-baru ini saya pulang ke Balikpapan karena memang sedang libur,baru saja menginjakkan kaki saya di kota tercinta ini,saya diajak orangtua saya untuk menikmati bakso lik min,ini adalah salah satu bakso favorit yang ada di Balikpapan selain bakso Kolor Ijo yang ada di pintu masuk Yova supermart ataupun bakso rombong yang ada di dekat apotek Vita Farma.

     Bakso Lik min ini letaknya di jalan Jend. Sudirman di dekat lampu merah arah hotel le grandeur dan di dekat kantor BPJS ketenaga kerjaan , kalau dari Bandara Sepinggan letaknya di kiri jalan,setelah lampu merah yang kedua.kalau dari arah kota sebaliknya yaitu di kanan jalan. Bakso lik min ini biasanya cukup ramai,disini menjual menu Bakso dan Mie Ayam , keduanya sama-sama enak ! waktu pulang kemarin malah saya bisa menghabiskan 2 mangkuk bakso...





  • Coto Makassar Depot Selamat
     Di tempat ini kalau pas jam sarapan suasananya kadang sangat ramai sekali sampai sulit sekali mencari kursi untuk duduk,kalau dapat kursipun bisa-bisa orang yang ada disamping kanan atau kiri tidak di kenal.mungkin disinilah pertama kalinya saya harus " bermuka tebal" untuk makan enak,untung gak sendirian deh kesini,apalagi saya orangnya pemalu.duh...untung di carikan tempat duduk sama pelayannya dulu,biasanya sih satu meja bisa terdiri dari 3 keluarga sangking ramenya.hahahaha

     letak depot selamat ini ada di ruko bandar,di depot selamat ini ada berbagai macam pilihan tetapi yang paling saya rekomendasikan sih coto makasarnya,gurih ! kalo udah makan coto Makassar lupakan diet dan semacamnya karena isi dari coto makassar ya jeroan yang maknyus sekali untuk dinikmati dan ditemani oleh lontong.



  • Coto Banjar  
    Setelah membahas coto Makassar sekarang membahas coto Banjar,berbeda dengan coto makassar yang isinya jeroan sapi maka coto Banjar ini isinya ada perkedel kentang ,ayam suwir dengan kuah yang gurih.biasanya juga disajikan dengan lontong ataupun nasi.sama seperti Coto Makassar di Balikpapan ini cukup mudah sekali menemukan penjual Coto Banjar tapi yang pas di lidah cukup sulit di jumpai, ini masalah selera sih.

   Kali ini saya merekomendasikan Coto Banjar yang ada di jalan Pangeran Antasari,tidak jauh dari Tugu Adipura Balikpapan,tempatnya itu tidak tampak seperti rumah makan,hanya seperti rumah penduduk biasa saja.tapi pengunjungnya kalau sedang rami-ramainya hampir sama seperti Coto Makassar.kemarin waktu pulang ke Balikpapan hampir saja saya tidak jadi makan disitu,karena parkiran mobil penuh dan cukup sempit sekali.jadi kemarin harus parkir cukup jauh dari rumah makannya.



  • Ikan Bakar Hj. Isna
       Seperti yang kita tahu harga untuk makan seafood cukup mahal sekali,malah yang saya tahu di salah satu rumah makan yang ada di Balikpapan harga sekali makan bisa sampai juta'an rupiah.andaikan saya harus makan dengan harga jutaan rupiah dan harus membayar sendiri maka sudah berapa kali teater JKT48 yang akan saya lewakan ? *pertanyaan matematika rumit*

       Tidak seperti rumah makan lain yang menyediakan ikan utuh dan dihitung beratnya ( biasanya pergram ) .dirumah makan milik Hj Isna ini ikannya sudah di potong-potong,jadi biayanya bukan menggunakan timbangan namun berapa potong ikan yang kita makan.makan satu potong ikan saja sudah mengenyangkan kok.harga yang terjangkau dan rasa yang enak adalah alasan mengapa harus makan disini.
      
      Alamatnya ? ada di Jl. Letjen suparpto ke arah kampung baru, di dekat Museum Kodam,dan di samping klinik Ida Karitika.untuk harganya satu porsinya sekitar Rp 40.000,- untuk harga segitu cukup wajar kalau di balikpapan.kalau di jakarta sih bisa makan Chiken Curry Ramen di dalam sebuah mall.hahahaha...



  

  • Salome
       Makanan yang paling terkenal seantero Balikpapan,siapa sih yang gak tau salome ? tanyakan saja orang asli Balikpapan,pasti pada tau apa itu salome.kalo orang Balikpapan mennyebutnya salome maka orang jawa menyebutnya cilok.udah paham kan ? ...hehehe.hampir sama seperti cilok,salome dibuatnya juga menggunakan kanji,yang buat tambah enak pasti tambahan Micinnya,biar tambah bego gak papa deh,tapi kenikmatannya itu luar biasa !

       Ada banyak sekali penjual Salome di Balikpapan,terutama di sekitar sekolah-sekolah SD,SMP,maupun SMA .tapi diantara banyaknya penjual salome itu hanya ada beberapa saja yang cocok dengan lidah saya salah satunya adalah paklek yang biasa mangkal di dekat stadion Persiba di sore hari.tiap senin-Jum'at mulai jam setengah 4 sore udah ada disekitaran stadion,nggak jauh dari masjid istiqlal.cari aja paklek yang rombongnya ada lambang persiba & tulisan salome persiba.saya kalau membeli salome harus diatas Rp 10.000,00 kalau beli dibawah harga segitu dapetnya cuma sedikit dan tidak mengenyangkan,cuma numpang lewat di perut.LOL


 

     Mungkin segini dulu pembahasan saya mengenai kuliner yang ada di Balikpapan,ternyata butuh waktu 3 tahun bagi saya untuk mengupgrade pengetahuan kuliner saya selama di Balikpapan,karena ya kalau sudah menjadi favorit saya sulit sekali untuk berpindah-pindah.oh iya,dari saya menulis postingan kuliner yang pertama hingga saya menulis postingan yang kedua ini,saya belum pernah dapat gratisan,duh....beneran gak ada yang kenal blog ini ternyata.hahaha .sekali lagi terima kasih sudah membaca !
 ciao !

TAMAT




Baca juga :

1 komentar:

  1. balik papan ternyata punya banyak kuliner yang lezat ya,


    bantu kita juga dengan klik di sini ya, terimakasih

    BalasHapus